RSS

Beras surplus 10 juta ton

09 Mei

Pemerintah Indonesia menargetkan dalam lima tahun mendatang produksi beras dalam negeri bisa mencapai surplus sepuluh juta ton melalui sejumlah langkah yang disebut sebagai cetak biru pertanian.

Rapat kordinator bidang ekonomi hari Rabu secara khusus membahas mengenai ketahanan pangan terutama terkait dengan pemenuhan kebutuhan beras dalam negeri.

Menteri Kordinator Bidang Perekenomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan mendorong surplus produksi beras dalam negeri hingga 10 juta ton dalam lima tahun kedepan dengan sejumlah cara.

“Kalau puso maka, berdasarkan perpres tersebut, dimungkinkan bagi menteri pertanian untuk memberikan penggantian pupuk, benih dan sebagian tenaga kerjanya.”

Rencananya ganti rugi akan diberikan kepada para petani yang mengalami gagal panen atau puso senila Rp2,6 juta per hektar bagi yang mengalami puso minimal 75 persen.

Tetapi Sugiyono, pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor menilai, target tersebut tidak akan tercapai apabila dalam kebijakan tersebut tidak diikuti dengan perluasan lahan.

“Pemerintah tidak membuat luas lahan petani menjadi ekonomis. Itu masalah mendasar yang tidak kunjung diselesaikan pemerintah.”

Sugiyono juga mempertanyakan klaim pemerintah yang menyebut berhasil mencapai surplus beras pada tahun 2010 sebesar 2 koma 6 persen, apalagi baru-baru ini pemerintah justru berencana untuk kembali mengimpor beras.

Sumber : http://www.bbc.uk (9 Maret 2011 – 12:17 GMT)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Mei 2011 in info pertanian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: